Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis pada sebuah
organisasi memegang peranan penting terhadap jalannya bisnis tersebut. Setiap
interaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari telah
terjadi pertukaran informasi dari sumber kepada penerimanya. Hal inilah yang
mendasari aktivitas komunikasi dalam kehidupan kita.
Dalam bisnis
diperlukan kemampuan komunikasi bisnis yang amat penting untuk tercapainya
sebuah tujuan
organisasi. Seperti, saat memberikan instruksi kepada bawahan,
menghadapi klien atau memberikan tanggapan terhadap pelanggan dibutuhkan
keahlian terhadap komunikasi bisnis yang baik. Terdapat 6 unsur pokok dalam
komunikasi bisnis yaitu :
1.
Tujuan – Aktivitas
komunikasi harus dijalani sejalan dengan tujuan organisasi yang sebelumnya
telah ditetapkan.
2.
Pertukaran –
Pertukaran pesan (informasi) bisnis melibatkan sedikitnya dua orang atau lebih
sebagai komunikator dan komunikan.
3.
Ide – Bentuk pesa
bisa beragam seperti gagasan, opini, informasi, instruksi tergantung pada
tujuannya, situasi, dan kondisi.
4.
Transmisi pesan –
yaitu alat saluran komunikasi personal atau impersonal yang bersifat tatap
muka, dengan memakai media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan
orang dalam waktu bersamaan.
5.
Simbol atau sinyal –
penggunaan alat atau sebuah metode yang dapat dipahami oleh penerima untuk
menyampaikan pesan.
6.
Pencapaian tujuan
organisasi – Karakteristik yang membedakan antara organisasi atau lembaga
formal terhadap informasi, adalah tujuan sukses berbisnis yang telah
ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Pengertian
Komunikasi Bisnis
Pengertian komunikasi bisnis
merupakan sebuah proses pertukaran pesan (informasi) untuk mencapai efektivitas
dan efisiensi produk kerja di dalam struktur
organisasi (jenjang / level) pada sistem organisasi yang
kondusif. Pada kegiatan komunikasi bisnis, pesan yang disampaikan
hendaknya tidak hanya bersifat informatif semata, namun juga bersifat persuasif
untuk memberikan pemahaman pada pihak lain agar mengerti dan bersedia menerima
suatu keyakinan untuk melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Kemudian pembahasan pengertian
komunikasi bisnis menurut para ahli, mengemukakan pendapatnya yaitu :
“Komunikasi bisnis adalah
komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yangg mencakup berbagai macam
bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal.” ( Purwanto,
Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Erlangga )
“Komunikasi Bisnis adalah
kegiatan yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan di antara dua
orang, kelompok kecil atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk
mempengaruhi perilaku di dalam suatu organisasi.” ( Floyd, James J dkk.
2006. Komunikasi Bisnis dan Profesionalisme. Bandung : Rosdakarya )
Pentingnya
Komunikasi Bisnis
Bagi seorang manajer dituntut
memiliki kemampuan untuk membicarakan mengenai ide gagasan dan tujuan dalam
lingkungan organisasi tersebut untuk kemajuan di masa depan. Pentingnya
kemampuan komunikasi bisnis juga hal penting untuk bagaimana menyampaikan
produk atau jasa yang dimilikinya kepada para pelanggan. Berbagai kendala yang
mungkin dihadapi seorang manajer yang dihadapi dalam komunikasi bisnis, antara
lain :
- Struktur komunikasi yang buruk
- Penyampaian yang lemah
- Penggunaan media yang salah
- Pesan yang campur aduk
- Salah Audience
- Lingkungan yang mengganggu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar